cara dan bahan membuat membuat DAWET AYU banjarnegara

Resep Dawet Ayu - Resep minuman tradisional asli dari kabupaten Banjarnegara di provinsi Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal yaitu Dawet Ayu. Dawet Ayu bukan hanya cantik tampilannya karena banyak warna tapi juga karena rasanya yang sangat nikmat.

Dawet Ayu dapat anda sajikan menjadi es dawet ayu ataupun dawet ayu yang hangat tanpa es. Es dawet ayu sangat cocok anda nikmati saat siang hari sebagai penghilang dahaga yang segar ketika terik matahari mulai memanasi bumi ini.
Sekarang ini bahkan sudah ada kreasi dawet dengan warna hitam yang di namai Dawet Ireng. Meskipun sudah ana banyak variasi dawet namun kelezatan Dawet Ayu yang asli tetap tak terkalahkan. 
Sekilas dawet memang terlihat sama, tapi setelah kita rasakan tentu sangat kelihatan perbedaan rasanya. Kalau dawet ayu terbuat dari bahan tepung beras dan tepung sagu aren sehingga dawetnya terasa lembut, dan amoh (lunak) saat di kunyah. Sedangkan kalau dawet bukan asli Banjarnegara biasanya terbuat dari bahan tepung beras dan campuran dengan tepung kanji sehingga hasil dawetnya lembut namun sedikit susah dikunyah karena kenyal. 
Bahan pelengkap untuk dawet adalah santan dan gula merah yang di campur dengan dawet tersebut, sehingga terciptalah dawet ayu yang segar dan nikmat. Semua kalangan dijamin menyukai minuman tradisional ini. Anda dapat menjumpai penjual Dawet Ayu Banjarnegara di kompleks rumah, warung makan, resto masakan tradisional, sekolah-sekolah, dll. 
Namun jika anda ingin membuatnya sendiri untuk acara besar anda seperti arisan, hajatan atau sekedar bersantai bersama keluarga, bahkan untuk menu berbuka puasa pastinya menu minuman ini sangat cocok. Setelah kami berbagi Resep Nasi Bakar Teri di artikel sebelumnya, sekarang kami akan berbagi Resep Dawet Ayu asli Banjarnegara yang segar dan nikmat. Simak resepnya berikut ini.
Resep Dawet Ayu
Resep Dawet Ayu

Bahan Dawet :

  1. 125 gr tepung sagu aren
  2. 25 gr tepung beras
  3. 400 gr air
  4. 100 ml air daun suji (30 lbr daun suji blender bersama 150 ml air, saring)
  5. 3 tetes pewarna makanan (hijau)

Bahan Santan :

  1. 750 ml santan dari 1 btr kelapa
  2. 1/2 sdt garam
  3. 2 lbr daun pandan
  4. 10 bh daging nangka,potong dadu

Bahan Gula Merah :

  1. 250 gr gula merah, iris tipis
  2. 300 ml air
  3. 1 lbr daun pandan

Cara Membuat Dawet Ayu :

  1. Campurkan dan masak bahan-bahan dawet hingga mendidih
  2. Setelah mendidih (meletup), angkat dalam kondisi panas dan tuang dalam cetakan cendol, tekan-tekan dalam cetakan cendol
  3. Tampung cendol dari cetakan dalam wadah yang sudah diisi air dingin
  4. Campurkan bahan-bahan untuk membuat kuah gula merah. Masak dan aduk hingga mendidih
  5. Campurkan bahan santan, masak hingga mendidih lalu dinginkan
  6. Siapkan gelas atau mangkok saji. Masukkan cendol ke dalam gelas, masukkan kuah gula dan santan.
Bagi anda yang suka sekali es atau sedang ingin yang dingin-dingin, anda dapat menambahkan es batu ke dalam dawet ayu tersebut, sehingga akan semakin menambah kesegaran dawet ayu. Demikian Cara Membuat dan Resep Dawet Ayu dari kami yang asli Banjarnegara. Selamat mencoba, semoga bermanfaat


sumber:http://zonamakan.blogspot.co.id/2014/04/resep-dawet-ayu-asli-banjarnegara.html
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar